Parlemen Jepang : Yen Digital Harus Dirilis Dalam Dua Tahun

Kepala komisi penelitian sistem perbankan dan keuangan di Partai Demokrat Liberal Jepang, Kozo Yamamoto. Mengatakan, bahwa Jepang  harus membuat yen digital dalam dua hingga tiga tahun.

Reuters melaporkan pada 10 Februari, bahwa Yamamoto menyatakan, bahwa rencana mata uang digital bank sentral (CBDC) harus dimasukkan dalam pedoman kebijakan tengah tahun pemerintah.

Dia menjelaskan bahwa mata uang digital dapat dengan cepat menyebar di negara-negara berkembang dan membantu Cina yang lebih dulu bekerja pada CBDC  untuk bisa memajukan hegemoni digitalnya. Karena itu, ia mengatakan bahwa pengembangan yen digital harus cepat.

“Lebih cepat lebih baik. Kami akan menyusun proposal untuk dimasukkan dalam pedoman kebijakan pemerintah, dan mudah-mudahan mewujudkannya dalam dua hingga tiga tahun. Jika setiap negara berhasil mengendalikan aliran uang dengan mata uang (digital) mereka sendiri, itu dapat mencegah lonjakan besar pada saat krisis dan menstabilkan ekonomi mereka sendiri, ” ujar Yamamoto.

Baca juga : Jepang akan Rilis Proposal Mata Uang Digital

Pernyataan Yamamoto  tersebut mengikuti ucapan mantan menteri
ekonomi dan anggota partai yang berkuasa Akira Amari, yang mengatakan bahwa ia
ingin mengeluarkan CBDC untuk melawan digital yuan Cina yang akan datang.

 Yamamoto mengakui
bahwa, sementara waktu  penyebaran CBDC
dapat merusak supremasi dolar, dan itu akan turut mempengaruhi pasar negara
berkembang yang mengandalkan dolar seperti Kamboja.

Keinginan Jepang Meneliti Mata Uang Digital

Anggota parlemen Jepang baru-baru ini juga menyerukan jika  pemerintah mereka  sedang mendorong mata uang digital untuk ditempatkan pada agenda G7 tahun ini.

Lebih lanjut, pada akhir Januari, wakil gubernur Bank of Japan mengatakan bahwa institusi tersebut harus siap untuk mengeluarkan CBDC jika permintaan publik meningkat dalam menanggapi perkembangan teknis.

Selain itu Bank Sentral Jepang juga melibatkan Bank Sentral AS agar rencana mereka dalam meneliti dan menerbitkan mata uang digital berhasil serta dapat mencegah Cina untuk menguasai ekonomi digital.

Cina memang menjadi salah satu negara pemicu yang membuat negara lain ingin meneliti dan menerbitkan mata uang digital sendiri. Perkembangan CBDC Cina pun semakin baik dan sudah menyelesaikan desain lapisan atas serta siap di uji coba di berbagai kota.

Sumber

The post Parlemen Jepang : Yen Digital Harus Dirilis Dalam Dua Tahun appeared first on Coinvestasi.